Tips Sehat Masa Kehamilan

Posted: September 20, 2007 in Kehamilan & Mom

Menjaga kehamilan agar bayi sehat selama di kandungan tidak lah mudah. agar bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat. Inilah awal untuk memiliki anak yang sehat. Dan masa kehamilan ini sangatlah menentukan pertumbuhan dan perkembangan si kecil nantinya.

diagram81.gif

Berikut ini ada tips yang sangat dianjurkan bagi Ibu hamil dalam masa pertumbuhan bayi di dalam kandungan :

1. Kontrol teratur ke dokter untuk memeriksakan kehamilan. Bulan-bulan terakhir kehamilan, kontrol harus dilakukan lebih sering lagi. Bila Anda mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan yang Anda alami, periksakanlah ke dokter, walaupun ini belum saatnya Anda harus kontrol kembali.

2. Hindari bahan atau zat-zat kimia yang yang menimbulkan keracunan seperti insektisida, cat, bahan-bahan yang mengandung merkuri (air raksa) atau timah hitam.

3. Berhenti merokok bila Anda merokok atau janganlah menjadi perokok pasif, karena Anda sering menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, misalnya dari suami Anda. Asap rokok akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang, kematian si kecil dalam kandungan atau
si kecil mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, dapat juga menyebabkan Anda mengalami keguguran.

4. Minumlah yang lebih banyak, terutama air putih. Cairan yang masuk berguna untuk membantu peningkatan volume darah yang terjadi selama kehamilan. Minumlah sedikitnya 6 – 8 gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu, atau air putih biasa. Cara mudah untuk melihat kecukupan
cairan dalam tubuh ialah dengan melihat warna air seni. Bila air seni, jernih seperti air putih atau hanya sedikit kuning, itu menunjukkan Anda cukup mengkonsumsi cairan.

5. Konsumsi makanan yang bergizi, untuk memenuhi kecukupan gizi untuk ibu dan si kecil dalam kandungan. Makanan harus memenuhi 5 kelompok makanan utama: nasi atau sumber karbohidrat lainnya, daging dan protein lainnya, sayuran, buah-buahan dan susu. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan berserat

6. Konsumsi vitamin Asam Folat 400 mikrogram perhari, sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama dalam kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Asam Folat ini juga penting diperoleh dari makanan yang mengandung Asam Folat seperti pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

7. Konsumsi juga tablet penambah darah, yaitu tablet yang mengandung zat Besi sebanyak 30 miligram sehari selama masa kehamilan, atau sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Zat Besi ini berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan, yang dapat menyebabkan
terjadinya risiko untuk terjadinya perdarahan saat persalinan.
Sebenarnya semua wanita yang berusia subur, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Zat besi.

8. Cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah memegang daging mentah pada saat memasak atau setelah menggunakan kamar kecil. Karena dengan cuci tangan akan mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebakan penyakit.

9. Kenali keadaan diri sendiri. Bila ada tanda atau gejala yang tidak biasanya seperti nyeri, perdarahan vagina, merembesnya air ketuban, pusing, pingsan, nafas menjadi pendek, gemetar, nadi menjadi cepat, terus mual dan muntah, pembengkakan pada sendi, tidak merasakan pergerakan janin, dan gejala atau tanda lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

10. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk juga obat-obat tradisional. Termasuk juga alkohol dan kafein. Kafein yang ada pada teh, kopi, minuman ringan dan coklat perlu juga dibatasi.

11. Obat-obatan yang sering diminum sebelum hamil, misalnyaobat-obatan untuk hipertensi, epilepsi, asma atau kencing manis, perlu dikonsultasikan kembali dengan dokter Anda. Apakah perlu dilakukan perubahan atau penyesuaian dengan kehamilan Anda? Apakah obat-obatan
ini aman digunakan dalam kehamilan?

12. Obat-obatan yang dijual bebas seperti untuk mengatasi flu dan batuk, mungkin dapat membahayakan janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, konsultasikanlah dulu dengan dokter sebelum meminumnya.

13. Jangan sungkan atau takut bertanya pada dokter. Karena ini menyangkut kesehatan janin dan ibu sendiri. Lebih baik kita berhati-hati dan menanyakan semua kekhawatirkan yang kita rasakan.

14. Bergabung dalam kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam hamil.
Selain dapat mengambil manfaat dari kelas tersebut, calon-calon ibu juga dapat membagi pengalaman dan menambah pengetahuan dengan sesama calon ibu lainnya.

15. Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun sang calon bayi. Olahraga yang biasanya aman untuk ibu hamil seperti berjalan, berolahraga, bersepeda statis. Tapi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulainya.

16. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 – 6 kali perhari. Ini jauh lebih baik daripada makan dalam 3 porsi besar sehari. Pola makan dengan porsi kecil yang lebih sering, dapat
mengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung.
Hindarilah makanan yang dapat membuat lambung nyeri, walaupun Anda menyukainya. Gantilah dengan makanan yang lebih bergizi.

17. Hindari mandi atau berendam dengan air panas saat hamil. Karena panas yang tinggi dapat membahayakan kehamilan.

18. Rencanakan dan buatlah lingkungan rumah yang aman untuk si kecil nantinya. Hal ini untuk mencegah bahaya-bahaya yang tidak diinginkan.

19. Hindarilah daging yang belum dimasak atau yang dimasak kurang matang, cucilah tangan setelah memegang hewan peliharaan atau berkebun. Ini untuk mencegah terjangkit parasit toksoplasma yang menyebabkan penyakit toksoplasmosis, yang dapat membahayakan janin
dalam kandungan.

20. Karena ukuran rahim yang semakin besar, seiring dengan kurang efisiennya fungsi ginjal akibat kehamilan, dapat menyebabkan ibu lebih sering buang air kecil. Dapat juga dapat terjadi keluar air seni saat bersin, batuk atau ketawa. Ini disebabkan karena adanya tekanan rahim
pada kandung kemih, yang sering terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan. Jika buang air kecil disertai rasa panas, nyeri dan lebih sering, periksakanlah ke dokter.

21. Berat badan yang berlebihan atau kurang selama kehamilan dapat menyebabkan masalah bagi si kecil yang masih dalam kandungan.
Janganlah melakukan diet selama hamil untuk menurunkan berat badan yang berlebih sebelum berkonsultasi dengan dokter.

22. Melakukan vaksinasi untuk kehamilan. Tanyakanlah pada dokter mengenai hal ini, kapan sebaiknya vaksinasi diberikan.

23. Hindari pemeriksaan dengan sinar X (ronsen). Jelaskan pada dokter bila Anda sedang hamil bila dokter meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan itu.

24. Berikan lingkungan yang sehat untuk si kecil dalam kandungan. Dan saat si kecil telah lahir, dan tumbuh semakin besar, tetaplah beri dia bimbingan dan kasih sayang. Kesehatan dan keamanan pada lingkungannya, harus selalu diperhatikan.

25. Istirahatlah yang cukup. Pada saat beristirahat sebaiknya berbaring ke samping, terutama ke sisi kiri bila sesuai saran dokter.
Posisi ini akan memberikan sirkulasi darah terbaik untuk sang janindan dapat mengurangi pembengkakan pada tungkai kaki.

Ref : nusaku

About these ads
Comments
  1. novira says:

    Terima kasih atas tips mengenai kehamilan, ini sangat membantu saya dan menambah pengetahuanku dalam menjalani masa kehamilanku yang pertama…

  2. ela says:

    bolehkan wanita yang sedang hamil 2.5 bulan ikut senam khusus ibu hamil

  3. shinta D says:

    Tipsnya ok… mudah2an ada tips2 lain ya..

  4. parbutaran says:

    Thank’s antar informasinya yach….Lagi tugas dmna

  5. lailie says:

    thanks yaa unk sarannya…membantu banget nieeh…lengkap juga sm sample nya…do’a kan yaa mudah-mudahan si kecil keluar dengan selamat..

  6. saRah says:

    hay….

  7. young broker says:

    tukar2 info yuk

  8. Finanda says:

    tips ini sangat bermanfaat bagi saya

  9. yati says:

    terima kasih atas tipsnya mudah2an bayi yang dikandung oleh saya sehat.

  10. roy says:

    trimakasi atas informasinya tolong dong bisa kiri
    bagaimana cara pertama untuk terjadi kehamilan pada wanita
    balas ………….. ya….ya

  11. tiwi says:

    wah..thx bgt tipsnya. berguna bgt buat yang baru hamil pertama spt saya…

  12. Prince says:

    Terimakasih banyak.. Info ini sangat membantu. apalagi buat istri saya yang lagi hamil pertama. thanks a lot yah

  13. naomi says:

    tipsnya oke bgt… sgt membantu buat yg baru pertama kali hamil.bisa dapat email yang lbh lengkap lg about perawatan kehamilan dan bgmn hamil yang sehat ?

  14. huy says:

    Uupsss… banyak info yang baru saya ketahui…
    dikarnakan ini kehamilan anak pertama, jadi saya suka ketakutan apa saja yang akan dihadapi nanti…
    karna postur tubuh saya yang besar(berat 90 tinggi 173) dan ini baru umur +/- 1 bulan…..
    saya ingin sekali melahirkan normal… karna teman2 saya yang lainnya (yang postur tubuhnya sama) meraka harus ceasar….
    minta tips agar saya bisa melahirkan normal….
    thx yaaa…..

  15. dradjat says:

    Tipsnya sangat membantu, ada lagi saran buat ibi yang baru hamil. Perbanyak menghirup udara segar pagi hari, sehabis subuh misalnya. Jangan lupa banyak minum sari buah buatan sendiri, pokoknua atur pernafasan san konsumsi buah buahan dan sayuran sebanyak mungkin. Yang lebih penting lagi kurangi pekerjaan berat … tentu ini hal yang sulit bukan!

  16. CayLLa says:

    waah drajat thanks ya … dah bagus banget tuh info nya ;)

  17. eva says:

    aku sering sakit pinggang nih klo abis tidur,kenapa ya?ada yg punya tips gak?aku hamil anak pertama nih.

  18. yusi says:

    thaks bgt atas infox,nie berguna skale bagi ibu2 yang lagi hamil pertama kayak saya……. bila ada info yg laen tambain lagi ya……..

  19. datsu says:

    tehx’ya jadi ada tambahan buat aku yang
    lg mendambakan si kecil

  20. mia says:

    bagus banget infone……trims,oh ya saya mau minta saran dong gimana supaya hamil jd sehat setelah mengalami kuret,,,,,?thanks

  21. indah says:

    Hai…., saya sekarang sedang hamil anak ke-2 usianya baru 7 minggu, sebenarnya tadi saya mau tanya tentang nafsu makan, karna di awal kehamilanku ini dlm sehari saya makan sampai 5 kali, dan sering banget pipis (terutama kalau malam hari….AMPUN). Eh….., ternyata udah di bahas di atas walau kurang detail tapi cukup jelas. Thanks ya……..

  22. Arief says:

    Saya mau bartanya. Bila ibu hamil terlalu banyak minum es apakah tidak berbahaya bagi janin?

  23. ika hariyanti says:

    saya sudah hamil ke-2 dan yg pertama kehamilan sy keguguran dan dari dokter bilang katanya air ketuban terlalu banyak sehingga pada umur 5bulan sdh kontraksi ( anak kembar) bagaimana cara mengurangi atau makanan apa yang tidak menimbulkan air ketuban jadi berlebih?

  24. arief says:

    thanks a million yaaaaa….aaa….:)

  25. ina says:

    thanks atas tips2nya mudah2n kehamilan kali ini baik2 aja coz kehamilan kemarin i lost my baby in 6bln, hiks..hiks.. jd sedih…

  26. sheilla says:

    thx bgt infornya

  27. nadif says:

    Terima kasih atas tips mengenai kehamilan, ini sangat membantu saya dan menambah informasiku tntg kehamilan, soalnya ini adalah kehamilan yang pertama istriku jadi aku harus tau banyak tntang kehamilan

  28. nadif says:

    saya mau tanya knapa istriku sering banget muntah-muntah dan gak nafsu makan.
    usia kehamilannya sekarang baru 3 bulan
    balas …………

  29. nadif says:

    oya lupa …….
    tolong kasih saran dong..
    apa yang harus dilakukan dan yang harus dihindari

  30. Rahma Razh says:

    Informasinya sangat bermanfaat terutama bagi calon ibu yang mengalami kehamilan pertama, terima kasih.

  31. lie says:

    makasih ya…kbtulan emank saya lagi hamil

  32. arin says:

    thx….atas infone..ni kehamilanq yg pertama jd aq msh butuh byk info lg ttg kehamilan..aq jg mo tny kenapa setiap aq mandi n hbs gosok gigi aq sering muntah2??

  33. nana kurniasari says:

    tank’s buat infonya??jd aku tw apa yg hrs aku lakukan untuk menjaga bayi yg ada di rahimku…

  34. fauzi says:

    maksih ya infonya untuk berbagi pengalaman tp blh jg tuh tng kirim ke email gw,fauzi_zo2n@yahoo.com,Thnx se x lg

  35. ayu says:

    ada dua perkara yang tidak dapat diungguli, yaitu beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memberi manfaat bagi sesamanya. Maksudnya ya dalam bentuk perkataan atau nasehat, bantuan tenaga, pikiran, harta ataupun jabatan. so,,thanks ya nasehatnya, ini sangat bermanfaat bagi saya.

  36. ema agusetyawati says:

    tipsx oke…mudah2an bermanffat bagi saya dan para calon ibu yang sdang hamil…aminn

  37. diana says:

    mo tanya bu ,apakah ada pantangannya bagi ibu hamil makan daging kambing walaupun sedikit……?terima kasih atas jawabannya.

  38. nurul says:

    Mksh y atas infrmasinya…
    Sgt brmnfaat bagi calon ibu seperti saya,
    Tapi apakah makan buah durian boleh selama khmilan dan menyusui?
    Skarg khmilan ku 7 blan neeh..
    Gerakan anakku jdi lebih terasa hehe..

  39. rini says:

    Thanks atas infonya, smg bs menjadi manfaat buat bumil spt saya yg khmlnnya menginjak 15 bulan
    ada pertanyaan nih ,knp ya dah 3 kali pemeriksaan ari-ari si janin kt dokter selalu dibawah,..kapan saatnya memutar dan adakah tips supaya ari2 dapat berada diatas,..juga apakah bahayanya jika terus dibawah?

  40. Yustika says:

    Thanks y atas infonya, skg pngetahuan q mkin nambah nieh…

  41. Wiwin says:

    Makasih tipsny

  42. WITRI says:

    aq mau tanya kan aq kehamilan aq baru masuk 3 bulan tapi selama 3 bulan ini terus gatal – gatal aq tanya bidan tapi cuma di kasih jawabanya g bikin aq puas…aq mau tanya itu kenapa ya? padahal sebelum hamil g pernah mengalami ini n apa obatnya?

    thank’s untuk infonya

  43. iis says:

    ~ terima kasih tips nya .sangat bermanfaat bagi saya . semoga sikecil yg lahir bulan ne sehat . AMIN . doain ya semuaaanya ..

  44. ambar says:

    tingkyuu yah..
    ini adlh kehamilan pertama saya…
    smoga anak ini lahir dg selamat..
    saya akn inget2 tips ini

  45. dian says:

    tips nya bagus banget………… Mkash y “)

  46. hyprobulksms says:

    Adakah dibenarkan bekerja atau membuat duit semasa hamil?

  47. Indah says:

    thanks tipsnya, udah termasuk suporter jg sih… Yg jelas amat sangat berguna.

  48. ayu says:

    mksh ya cay atas tips nya…moga bermanfaat bagi ibu2 yg lg hamil…..

  49. iqbal says:

    gua seneng deh baca yg ini”krn bini gua lg hamil nh.mkasih yah!!!

  50. Elies says:

    Trims banget yaaaa…..

  51. nurul islamiah says:

    mkasih utk tips aman di masa kehamilan pertama ku…

  52. arumi says:

    makasih bgtt buat tips”nya ,,,berguna bgtt buat aq yg baru pertama kali hamill.. doa’in y biar si jabang bayi dan ibunya lahir dg sehat n pastinya selamat amiiiiinnnnn,,,,,,,,,

  53. pink says:

    thnk’s bgt ats tips nya….

  54. budayasa says:

    terima kasih atas sarannya semoga istri saya cepat bisa hamil !

  55. satu lagi… tidak merokok!
    salam hidup sehat@ :D

  56. shary says:

    makasih banget atas infonya….n semoga dikehamilanku yang pertama ini bayiku sehat dan selamat…..

  57. kelin says:

    makasih,infonya sangat berguna bgt buat aku yg lgi hamil 8 bulan

  58. bgaimana caranya supaya selama hamil tdk mual2, apakah makanan yg pedas berbahaya bgi kehamilan.

  59. Sari says:

    Terima kasih atas tips-tips nya. Berguna banget buat aku nih yang lagi hamil -/+ sebulan. Kalau ada info atau tips” hamil yang lain tolong di info ya.

    Thanks and Regards

  60. dewi says:

    thanks infonya… bagus banget tips2nya….. skrg kehamilan pertama sy dah masuk bln ke-3 tapi kenapa ya payudara saya khusus di sktr puting gatallll banget ?? tolongin dong ada cara gak ya ?

  61. friendli says:

    thnx ya tipsnya.,. mulai skarang saya tidak akan meroko dekat istri saya.,,.,.,
    kalau perlu saya berhenti meroko.,.,.,

  62. yuyun rahayu says:

    Berguna bangets nih infonya, semoga ad info lain lagi yg bisa menambah pengetahuan saya. Thank’s.

  63. sedenx says:

    info yg sangat bagus, bersediakah anda bergabung di mywapblog.com untuk memberikan info-info seputar ilmu kesehatan.terima kasih

  64. ALARM says:

    tks infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s