MERDEKA OH MERDEKA

Posted: August 17, 2007 in Cuap-cuap, Renungan

Merdeka ??? Merdeka bukan berarti kita bebas melakukan apapun semaunya. Merdeka adalah bebas dari kekangan dalam bentuk apapun selama tidak nyenggol yang laen. Merdeka yang diikuti oleh tanggungjawab atas kemerdekaan yang dilakukan. Bebas bicara bukan berarti boleh nyinggung perasaan orang. Bebas bertingkah laku bukan lantas bebas mengganggu orang seenaknya. Semua kemerdekaan yang akhirnya kamu pilih sudah semestinya dibarengi dengan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Jangan sampe kamu yang merasa merdeka, tapi orang lain yang menderita.

Orang yang merdeka adalah orang yang hidup saat ini. Dia tidak terjerat dalam kesedihan hari kemarin dan terperangkap dalam kecemasan hari esok. Orang yang merdeka adalah orang yang berpikir lebih besar dari masalah, menjadi subyek bukan obyek. Berani memilih bukan terpaksa memilih. Dia tidak terpengaruh lingkungan tapi dia lah yang mempengaruhi lingkungan. Orang yang merdeka adalah raja atas perasaannya, penguasa atas emosinya, pengendali atas nafsunya. bebas menentukan pilihan, bebas berbicara (dengan konsekuensinya), bebas bermimpi dan yakin bisa mencapainya, dan yang paling penting, sadar bahwa diri sendiri bebas untuk memilih. Kadang banyak orang dipaksa oleh keadaan untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Pada saat orang tunduk dan dikendalikan oleh keadaan di luar dirinya, didikte oleh kondisi atau masalah-masalah yang menimpanya, dia sebenarnya belum merdeka.

Kemerdekaan sebagai bentuk sebuah ekspresi diri dan mencapai potensi pribadi. Yang paling mudah adalah dengan meminimalisir sifas dan sikap terjajah dalam diri kita dengan mengurangi ketergantungan pada orang lain. Dengan pengurangan ini akan menimbulkan kemandirian yang bermuara pada kemerdekaan dalam arti yang sebenarnya.

Whatever is on your mind, buat gue merdeka itu bebas memilih kehidupan seperti apa yang kita inginkan, bebas memilih apapun sesuai kehendak hati dan memiliki arti bagi sesama melalui apa yang kita berikan.  Gue mau apa terserah gue yang penting gue nggak mengusik orang lain karena gue juga nggak tahu dan nggak mau ikut mikirin urusan orang lain. Merdeka berarti terbebas dari perasaan-perasaan yang mengukung dalam diri kita. Pokoknya hidup ini jangan dibuat susah. Enjoy with my life … I can if I think can.

Comments
  1. dark-angel says:

    yukkk….merdeka buatku adalah…
    1. bisa makan
    2. Tidur nyenyak
    3. gak punya utang
    beresssssss….

  2. rivafauziah says:

    Saya anggap Merdeka Jika Main Net Gratis – Kapan Ya Kita Merdeka..?

  3. iTa says:

    MERDEKA !!!!
    Dalam Pemikiranku sekarang bangsa kita belum juga merdeka
    karena banyak sekali anak2 muda jaman sekarang masih berperang dengan krisis moral.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s