Memilih Perlengkapan Bayi

Posted: August 21, 2007 in CeLoteH Bayi & AnaK

Bayi membutuhkan banyak perlangkapan. Sebelum kelahiran sang bayi, Orang tua pasti sudah menyiapkan perlengkapan tersebut dengan baik. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi diuraikan berikut ini.

p.jpg

Pakaian
Belilah pakaian bayi dari bahan katun lembut dengan ukuran dan model yang nyaman dipakai. Beberapa jenis pakaian yang harus disiapkan adalah pakaian sehari-hari, pakaian tidur, baju hangat, kain bedong, selimut, sarung tangan, kaos kaki/sepatu lembut, topi lembut, dan alas untuk menyusui (jika diperlukan). Selama ini bayi yang baru lahir selalu menggunakan gurita. Sebaiknya, hal ini tidak perlu dilakukan lagi karena jika seseorang ibu tidak tahu cara pemakaiannya akan membahayakan si bayi. Misalnya, jika pemasangan gurita terlalu ketat, bayi akan muntah sehingga asupan nutrisi tidak mencukupi kebutuhan. Akibatnya, pertumbuhan bayi akan terhambat.

Popok
Belilah popok dari bahan katun yang lembut dan mudah menyerap air, dengan pengikat tali atau memakai peniti. Jika Anda ingin menggunakan popok sekali pakai, belilah yang daya serapnya tinggi untuk menghindari terendamnya kulit oleh air seni. Kulit yang terendam air seni akan menjadi biduran (bintik-bintik merah) dan mudah lecet.

Perlengkapan mandi
Berikut ini beberapa perlengkapan bayi yang harus disediakan

* Sabun lembut/cairan khusus untuk mandi.
* Kapas basah yang disimpan dalam wadah khusus atau tisu basah untuk membersihkan pantat.
* Handuk yang lembut (satu-dua buah)
* Bak mandi bayi.
* Dua ember plastik (bertutup) satu untuk menyimpan popok yang ada kotorannya (air seni) dan satu lagi untuk menyimpan pakaian dan handuk kotor.
* Tempat sampah kecil untuk menyimpan kapas/tisu kotor.
* Sisir yang lembut.
* Pemotong kuku bayi

Perlengkapan untuk menyusui (jika diperlukan)

* Enam botol susu dengan dotnya.
* Panci untuk merebus botol atau wadah untuk mensterilkan perlengkapan menyusui dengan tablet pensteril.
* Sabun cair dan sikat botol.
* Botol-botol ini berguna untuk menampung ASI yang diperas.

Bahan
Lembut dan nyaman. Inilah hal utama yang harus diperhatikan saat memilih pakaian anak. Untuk memenuhi kriteria ini, pakaian dari bahan handuk dan kaus yang lentur dan elastis bisa menjadi pilihan. Saat berusia 9 – 12 tahun, anak biasanya mulai bisa merangkak bahkan berjalan. Di usia ini, si kecil hampir tak pernah bisa diam, selalu bergerak ke sana kemari untuk memenuhi rasa ingin tahunya yang besar. Akibatnya, pakaian yang dipakainya cepat kotor, lebih sering dicuci dan disetrika. Karenanya, pakaian bayi juga harus kuat, mudah menyerap keringat, dan mudah dalam pemeliharaann. Busana dari bahan jenis ini (biasanya terbuat dari serat sintetis) nyaman dipakai, tidak panas terutama untuk pakaian sehari-hari dan cocok untuk anak berkulit peka.

Model
Biasanya bayi tak suka bila wajahnya terhalang atau tertutup sewaktu ganti baju. Untuk itu, pilihlah yang dapat dibuka di bagian depan atau berleher lebar. Dengan pakaian seperti ini, Anda tidak perlu membalikkan bayi sewaktu merapikannya. Pastikan pula pakaian tersebut mempunyai pembuka pada bagian bawah di sela lubang kaki sehingga praktis digunakan.

Seiring bertambahnya umur, model pakaian anak biasanya juga lebih beragam terutama untuk model busana anak perempuan. Namun apa pun modelnya, pastikan pakaian tersebut memperhatikan keinginan anak. Misalnya, agak longgar sehingga si kecil leluasa bergerak serta mudah memakai dan membukanya.

Warna dan Corak
Melihat sifat bayi yang tak bisa diam, busana yang cocok dikenakan adalah yang berwarna cerah, seperti jingga, kuning dan merah. Warna ini memberi kesan riang dan gembira. Sementara sesuai ukuran badannya yang masih kecil, ragam busana yang cocok adalah yang bercorak kecil. Seperti bunga, bola-bola, binatang yang lucu, garis atau kotak-kotak.

Agar si Kecil Nyaman

  • Pakaian sebaiknya lembut, hindari jahitan yang kasar.
  • Sediakan pakaian bayi dengan ukuran yang digunakan selama 2 bulan.
  • Pastikan pakaian tersebut tak merepotkan si kecil, juga Anda saat memakaikannya. Hindari pakaian yang terlalu banyak memakai kancing.
  • Hindari warna putih karena cepat kotor dan butuh perawatan lebih saat mencucinya.

ref : info-sehat

Comments
  1. bim says:

    Salam kenal….

    Nice tips nih mbak…..
    Kebetulan saya baru aja punya baby nih jadi bisa dijadikan reference kalau mau beli perlengkapan bayi.

    Keep posting ya…bermanfaat sekali infonya.

    http://rarisang.blogspot.com
    Thanks.

  2. CayLLa says:

    @ bim
    Selamat ya …. senangnya bisa bermanfaat buat orang lain khususnya buat si kecil😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s