Perawatan Mata

Posted: August 21, 2007 in Kecantikan

Terjadinya problem-problem di seputar mata dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Lingkaran hitam di bawah mata ada beberapa macam, ada lingkaran hitam yang muncul karena keturunan/genetik, di mana lingkaran hitamnya lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun. Sedangkan lingkaran hitam di bawah mata yang lain, dapat terlihat bila seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stress. Mengapa lingkaran hitam (yang non-genetik) bisa terjadi? Ini disebabkan apabila kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, maka pembuluh darahnya akan membesar, di mana tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut, untuk mengurangi dampak negatif dari polusi. Pada saat darah mengalir ke pembuluh darah yang besar ini, maka daerah kulit mata tersebut menjadi berubah warna agak gelap dan kulit di sekitarnya cenderung menebal.
2. Kantung mata dapat disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh/limphatic drainage kurang lancar. Bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak, yang kita sebut kantung mata.
3. Kerut halus disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis.
4. Kerut dalam di pinggir mata/crow’s feet disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka.
5. Jerawat batu di sekitar mata dapat disebabkan karena tidak membersihkan make up kosmetik dengan pembersih mata yang tepat. Sisa-sisa make up yang belum bersih dapat masuk ke dalam pori-pori yang nantinya dapat menyebabkan jerawat batu/milia seed. Disarankan memakai eye make up remover sebagai pencegahnya.

Beberapa Cara Perawatan Kulit Mata

Pencegahan

Massage; lakukan massage dengan cara menentik/tapping massage pada bagian yang ada kantung mata dengan menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata bergerak arah bulat. Kehidupan sehari-hari; gunakan tabir surya dan kaca mata yang dapat memfilter sinar UVA/UVB.

Perawatan Rumah

Produk perawatan; disarankan menggunakan masker mata, seperti ‘Tridium’ Eye Mask. Di samping itu, gunakan krim mata (khususnya yang mengandung asam glikolat) untuk mencegah dan membantu mengatasi kerut mata, lingkaran hitam dan jerawat batu.

Perawatan Professional

Lakukan facial mata sebagai kebutuhan. Perawatan facial mata yang dilakukan di daerah sekitar mata, hendaknya dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah serta mengatasi problem-problem mata seperti; lingkaran hitam/dark circle, kantung mata/eye bag, kerut mata/wrinkle dan jerawat batu/milia seed. Di Danes Klinik Perawatan Kulit, umumnya pelanggan saya sarankan untuk mengambil paket facial mata minimun 5 kali perawatan yang dilakukan 1 minggu sekali.

Comments
  1. aryo says:

    thank you ya buaat bt
    info na

  2. CayLLa says:

    @ aryo
    u’r welcome😀

  3. thittha says:

    thank’s bgd ywh tipsnya………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s