Ingin Hamil, Harus bagaimana ??

Posted: September 30, 2007 in Kehamilan & Mom

 Anda mencoba untuk hamil, anda dapat mencoba beberapa tips ini untuk membantu supaya anda dapat hamil. Mungkin anda pernah mendengar banyak rumor yang beredar tentang kapan saat terbaik melakukan hubungan seks sesuai siklus wanita, berapa kali hubungan seksual dilakukan, posisi dan cara seksual dilakukan dan lain sebagainya hal-hal yang meningkatkan kemungkinan untuk dapat hamil.

*Konsumsi makanan yg baik untuk mendorong kehamilan seperti : Folic acid atau Folat Adalah vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal, buah buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari. Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein, Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.Cara makan yang sehat. Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk makan yang lebih sehat dan dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat sebaiknya sekarang berada pada daftar menu makanan sehat anda.

* Waktu terbaik untuk konsepsi

 

Penting untuk mengetahui kapan saat terbaik untuk terjadinya pembuahan pada seorang wanita. Waktu terbaik untuk konsepsi atau pembuahan adalah saat masa subur atau ovulasi dari seorang wanita. Yang perlu diperhatikan bahwa telur yang matang hanya hidup 24 jam sedangkan sperma hidup 48-72 jam dalam tubuh wanita. Oleh karenanya, melakukan hubungan seks sebelum saat ovulasi lebih baik untuk meningkatkan kehamilan daripada sehari atau dua hari sesudahnya.

*Frekuensi hubungan seksual
Frekuensi atau seberapa sering untuk melakukan hubungan seksual, ini semua tergantung dari setiap pasangan. Tidak ada angka khusus yang dapat memastikan berapa kali seseorang harus melakukan seks untuk dapat hamil. Ada wanita yang hamil hanya dengan satu kali saja tapi yang lain memerlukan waktu yang lebih lama. Yang terpenting “seberapa sering” anda melakukan hubungan seksual pada ” waktu yang terbaik untuk konsepsi”.

*Nikmati proses hubungan seksual anda.
Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang wanita mencapai orgasme, akan membentuk suasana alkaline (basa) pada vagina yang mana sperma sukai dariapda kondisi normal vagina (suasana asam). Jika anda mencapai orgasme pada saat yang bersamaan atau sesaat sesudah pasangan anda ejakulasi maka kesempatan sperma untuk selamat sampai di servik lebih meningkat.

*Jangan Banyak Bergerak Setelah Seks?
Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa setelah hubungan seksual dengan tidak bergerak dan tetap dalam posisi tidur dengan kaki atau pinggul lebih tinggi setelah seks akan meningkatkan kesuburan. Karena sebenarnya sperma sudah berada di dalam servik sesaat setelah ejakulasi. Tapi ada ahli yang tetap menganjurkan untuk memberi waktu sejenak untuk sperma berenang ke servik dan menganjal pinggul dengan sebuah bantal selama seks. Yang terpenting juga sewaktu anda membersihkan, hindari mengunakan cairan pembersih vagina sesaat setelah hubungan seksual, karena cairan pembersih vagina dapat bersifat toxic untuk sperma.

*Buat para suami
Para
suami sebaiknya menghindari memakai celana yang terlalu ketat atau mandi air hangat, hal ini akan menurunkan kemungkinan kehamilan karena proses penekanan atau panas didaerah testis (pembentuk sperma).

*Jaga kesehatan anda.
Menjaga kesehatan adalah hal dasar yang penting. Pastikan tubuh anda cukup nutrisi. Ingat bahwa wanita yang sehat akan lebih mudah hamil daripada yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau kurang.

*Frekuensi melakukan seks
Berdasarkan teori yang dapat disarankan adalah anda sebaiknya ‘tidak melakukan hubungan seksual’ untuk 3-5 hari sebelum masuk ke masa subur,kemudian anda dapat melakukan seks setiap hari mulai dari 2 hari sebelum ovulasi (masa subur) sampai 3 hari setelahnya. Ingatlah yang terpenting saat melakukan hubungans seksual anda berdua menikmatinya dan merasa nyaman dengan apa yang anda lakukan. Bila anda melakukan seks setiap hari dan hanya merasa tertekan maka hanya akan menambah stress yang akan mempersulit terjadinya konsepsi.

*Posisi Seksual terbaik
Posisi pria diatas adalah yang terbaik untuk mencoba hamil. Letakkan sebuah bantal kecil dibagian panggul anda, sehingga panggul anda beristirahat untuk menampung sejumlah sperma selama 15 menit atau lebih. Dan memudahkan sperma berenang ke dalam rahim.

Jangan menggunakan bantal yang besar akan menyebabkan sperma tergenang dibelakang rahim saja dan sulit untuk berenang untuk meraih sel telur. Sehingga menjadikan usaha anda sia-sia saja.

Sedangkan Posisi seksual yang sebaiknya di HINDARI bila anda ingin hamil adalah posisi wanita di atas, duduk atau berdiri, yang akan menyebabkan sebagian dari sperma keluar dan hanya tersisa sedikit sperma yang mencoba berjalan kearah sel telur.
Posisi seksual hanya salah satu dari banyak hal yang dapat anda coba dalam berusaha untuk mendapatkan si buah hati atau ingin hamil.

Ref : Info-sehat

 

 

Comments
  1. dee says:

    saya pernah baca tulisan ini juga dimana ya?saya lupa, tapi yang jelas sama persis….saya tidak tau siapa mencontek siapa….thank you….

  2. ZaNdE says:

    ini emang bukan tulisan gw, gw kan bukan dokter so, g mungkin lah nulis kayak gini. Klo yang bukan tulisannya gw, Dibawahnya kan ada tulisan Ref : …. ( referensi nama situsnya ).
    Cuma buat koleksi gw aja klo nanti butuh kan tinggal buka blog gw gak sibuk browsing lagi di internet.

  3. Thania says:

    Saya setuju dengan tips dari dokter di atas..
    saya sekarang udah hamil 4 bulan.Saya dengan suami memang rutin melakukan hubungan seks hampir setiap hari dan yang terpenting saya merasa nyaman dengan suami saya saat melakukan hubungan seks….akhirnya,,tdak lama kemudian saya terbukti + hamil…..

  4. cintaku says:

    ada di infoibu.com. ya gitu dech. Pernyataannya sama persis cuman diringkas aja. Tull gak??

  5. rhanie says:

    pasangan aku gak suka daging2an makana ak susah bgt hamilnya..ada pengaruhnya gak ya…^^???tolong ya jelasin…

  6. masniah says:

    coba buka http://www.cepathamil.com mudah-mudahan bisa membantu, alhamdulillah sejak saya mengikuti tips di http://www.cepathamil.com sekarang saya hamil 3 bulan

  7. parbutaran says:

    tukar2 info yuk

  8. young broker says:

    Bisa tukar2 info…!!

  9. Rika says:

    akhirnya tlah dicoba secara rutin, akhirnya aku dah hamil….

    thanks

  10. CayLLa says:

    @Thania, Masniah, Rika

    ~~ Selamat ya ~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s