Saat Putus Cinta, cowok lebih merana

Posted: September 30, 2007 in Cuap-cuap, Renungan

Walau wanita menangis tersedu-sedu sedangkan pria hanya diam, bukan berarti kaum adam ini kuat menghadapi putus cinta. Malah menurut sebuah penelitian, pria selalu lebih cengeng ketimbang wanita. Beberapa penelitian membuktikan tingkat depresi, stress, dan kecemasan pria lebih parah ketimbang wanita pasca putus cinta. hal ini kemungkinan disebabkan karena karakteristik sifat pria.

Pria Kerap Menutupi Sakit Hatinya

Hey, masa seorang pria nangis. Mungkin begitulah yang terlintas di benak pria. Pelampiasannya paling pergi bersama beberapa teman pria dan berakhir mabuk-mabukan. Intinya, pria kadang enggan menunjukkan perasaan sedihnya ketika putus dengan sang kekasih. Ia merasa harus selalu tampak tegar.

Sedangkan wanita kebanyakan langsung menangis atau curhat pada sahabat begitu cintanya diputus. Begitu juga ketika memutuskan cinta, wanita biasanya berbicara apa adanya dan langsung mengeluarkan apa isi hatinya. Intinya, wanita berani menghadapi rasa sedihnya sedangkan pria banyak menahan reaksi atau perasaannya. Alhasil, semuanya menumpuk dan sulit dibuang.

Pria Tidak Punya Banyak Teman

Begitu mengalami patah hati, hampir seluruh wanita langsung mengungkapkan isi hati atau bercerita kepada teman terdekatnya. Teman tersebut bisa saja ibu, sahabat, tetangga, teman kantor, atau bahkan supir taksi yang dinaikinya setelah meninggalkan sang pacar. Penelitian membuktikan pria kerap menggantungkan kedekatan emosionalnya pada sang pacar. Sedangkan wanita punya sejuta tempat selain sang kekasih.

Pria lebih sering memendam perasaannya dan berusaha meyakinkan dirinya sendiri kalau ia baik-baik saja. Setidaknya baru enam bulan kemudian pria tersebut menyadari dan berani mengungkapkan pada teman-teman dekatnya kalau ia ingin kembali pada sang kekasih.

Pria Benci Awal yang Baru

Begitu putus, pria umumnya merasakan sedikit kegembiran. Bisa berkencan dan menggoda banyak wanita. Berburu kekasih baru dan lain-lain. Tapi setelah kencan pertama, kedua, dan ketiga, akhirnya rasa jenuh pun melanda. Ia pun menyadari masih panjang jalannya untuk menemukan kenyamanan yang sama seperti pada kekasihnya dulu.

Menurut penelitian, secara mental umumnya wanita lebih siap menghadapi putus cinta sedangkan pria jarang berpikir hubungan akan berakhir. Dan umumnya, pria baru menyadari betapa berharga mantan kekasihnya dan betapa ia kehilangan dirinya setelah berbulan-bulan putus cinta. Hasilnya, sang wanita sudah jauh memulihkan diri dan semuanya sudah terlambat.

Pria Berpatok Pada Khayalan

Putus cinta juga kerap disebabkan karena pria merasa bosan dengan kekasihnya, kencan yang sama, pertengkaran yang sama, dan hal-hal lain yang lama-lama membuatnya jenuh. Begitu putus, ia berpikir akan langsung bertemu dan berkencan dengan banyak wanita. Walau mimpi tersebut benar-benar terjadi diam-diam ia merasa kehilangan keintiman
dan kenyamanan yang sebelumnya ia dapat dari sang mantan pacar.

Penelitian membuktikan, wanita umumnya lebih cepat menyadari kalau fondasi dari hubungan yang awet adalah keintiman. Sedangkan pria umumnya lebih memikirkan seks sehingga akhirnya mereka salah orientasi.

Comments
  1. rhanie says:

    aku sering bgt jenuh dgn pasangan ku…padahal dia tuh ya da lumayan perfect lah…stp aku minta putus dia nangis…marah..sebenTar terus…memohon agr gak putus…knp ya..pdhl aku nech ngersa gak panTas buat dia…^^

  2. april says:

    Emang bener knapa ya cowok selalu gengsi untuk bilang kalau dia juga sedih, patah hati dan kangen….gw bisa ngerasa kok dari nada suaranya tapi dianya tetap gengsi yach apa boleh buat gw mundur aja…. coba dia mau bilang kalau dia jg sedih pasti gw akan mikir 100x lg buat tinggalin dia…

  3. CayLLa says:

    @ rhanie
    tuh tandanya si dia sayang banget sm lo, gak mo kehilangan lo. klo emang lo udah g sayang ma dia, cari waktu yg tepat and berikan alasan yang rasional agar dia mo mengerti. gw yakin lo lebih tau gimana caranya hadapin dia.😀

    @ april
    Itulah cowok, hanya bbrp aja yang mo terus terang ungkapin perasaannya.:-/

    @ Angel
    mungkin juga dia akan hubungi lo, tp baiknya lo jgn berharap banyak sm hubungan yg baru di mulai. ikuti aja aktifitas yg positif biar bisa positif thinking and gak mikirin dia mulu. good luck (Y)

  4. suchy says:

    aku d ptusin ma co aq,,,,,,,,,,,
    pdhl aq syg bgd ma dya..
    aq gk nerti ngnpa dya mtusin aq,,
    m krn mslh yg spele…

  5. cika says:

    pacar?
    mnrut aq pntg dLm hdup aq,,,
    aq btuh dya,,,
    dya uwdah jd smngat hdup aq…
    tp, dy Mlah mtusin aq,, dgn msLh yg gk jLas..
    aq msih trLLu syg sama dy…
    pLiz guys….
    Hlp me………..

  6. adella says:

    saat saya putus denga pacar saya aku sangat sedih, dia pergi begitu aja,dia merit dengan wanita lain,tampa ada pesan apa pun pada saya,yang aku lakukan tiap ari dn sampai saat ini, aku sellu doa kan dia agar rumah tangganya langeng,tapi kini aku dapat cinta yang salah,aku mencintai seorang yang sudah punya istri,sebenarnya klo di tanya hati kecil ku aku sangat sedih, tapi aku butuh kasih sayang,dari dia tlah kudapat kan,aku bukan cinta uang,tapi ku rindu kasih sayang dari seorang, aku tau orang2 kan benci liat diri ku, tidak ku sadari ku tlah menyakiti orang lain,saat ini aku pun sedang binggung jalani hidupku sendiri…

  7. CayLLa says:

    @adella

    Kamu bisa melupakan pacar yg lama, wktu bisa mengobati sakit hati kamu. skrg cobalah melupakan pacar baru kamu. Gak baik mengganggu rumah tangga orang. Percaya deh, waktu pasti akan menyembuhkan luka lagi dan akan menemukan cinta yang tepat. Insya allah

  8. vigie says:

    kayakx gak tuh.
    data darimana menyebutkan bahwa cowok lebih merana saat putus cinta.
    kenyataanx kok cewek lebih sering lebay bombay menyatakan perasaan sakitx ketimbang cowok.
    trus yg bilang cowok lebih merana saat putus cinta di bagian mananyaaaa…..

  9. jovan says:

    wah gw banget tuh,,,,,, sampe sekarang masih ga bisa ngelupain!!
    hkzzzzzzzzz

  10. puthe says:

    Ya itu sebenarnya yang saya mau cari tahu.Perasaan cowok itu bagaimana sebenarnya kalau diputusin.
    Saya sudah mutusin cowok saya,tapi sampai sekarang tidak ada tanggapan dari dia.
    Saya bingung??!!
    Sayang sch sayang,tapi saya tidak tahan karena dia kurang perhatian.

  11. Ririe.. says:

    selama setahun putus belum ada kata maaf dari mulut nya padahal dia bener2 udah bikin w sakit n dia benar2 salah.

    knp begitu sulit nya dia meminta maaf n merasa dia selalu benar,sebenar nya apa yang terjadi.kenapa dia seperti itu atau memang sudah pikiran n watak nya para cwo seperti itu?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s