HUJAN DI BIS KOTA

Posted: October 16, 2008 in Cuap-cuap

Kemarin gw pulang kerja naik bus kota, karena motor yg biasa gw bawa masih di bawa mudik. Tak terlalu pusing untuk mendapatkan bis untuk pulang karena sebelumnya gw juga naik bus kota untuk pulang.

Tapi ada yang berbeda kemarin, saat diluar terang benderang tetapi di dalam bus kota hujan. Memang aneh kedengarannya, tapi ini benar-benar terjadi. Kebetulan gw dapat kursi di bagian belakang. Sesaat bus jalan melalui tol di Slipi, di bagian belakang bus hujan. Ada 3 baris bangku bagian belakang yang terkena hujan aneh ini. Sampai2 ada Ibu – ibu di belakang buka payung karena kebahasahan. Rambut gw juga basah, untung pake jaket jadi badan gak basah. Di depan gw, ada penumpang yang basah kuyup karena terpaksa di situ, bus penuh sesak dan gak ada tempat lagi buat pindah tempat meski untuk berdiri yang aman biar gak kena hujan, mau turun dari bus juga nggak mungkin karena bus ada di dalam tol. Sementara itu, 2 kondektur sibuk mengelap dan memeras kain yang dipake untuk menahan air hujan yang menetes. Ternyata, hujan aneh itu berasal dari AC bus yang bocor. Gw pikir bukan bocor tapi bobrok.

Sungguh menyedihkan memang potret transportasi di ibukota. Banyak sekali angkutan yg sebenarnya gak layak di pake tapi masih saja beroperasi. kendaraan umum bak hidup segan, mati tak mau. Mereka hanya memikirkan income tanpa memikirkan kenyamanan yang menjadi salah satu hak dari penumpang. Kursi dan body bus rusak, mesin kendaraan berisik, kaca pecah, AC tidak berfungsi belum lagi kalau bertemu sopir yang suka ugal-ugalan rebutan penumpang di jalan tanpa menghiraukan keselamatan dan kenyamanan penumpang yang sudah ada di dalam bus tersebut. Sering penumpang yang berdiri hampir terjungkal karena ulang sopir tersebut, tidak sedikit yang menggerutu tp mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena hanya transportasi itu yang bisa membawa mereka ke tempat kerja, sekolah, kampus atau pun tempat lain yg mereka tuju. Menyedihkan memang …

Gw yakin banyak orang yg pernah mengalami hal tidak menyenangkan di bus kota … mungkin salah satu diantara nya Anda.

Leave a Reply

