Sudahkah Anda sikat gigi malam sebelum tidur?

Posted: December 16, 2008 in Kesehatan

Apa bedanya menyikat gigi di sore hari dan malam sebelum tidur?

Jelas beda, plak akan selalu terbentuk di sekitar permukaan atau sela-sela gigi. Namun, dengan adanya sistem pertahanan tubuh alami yang terdapat pada air ludah atau saliva, bahaya plak bisa dihambat. Karena, keberadaan air ludah yang bersifat basa sangat membantu proses netralisasi kadar asam dalam mulut yang ditimbulkan oleh plak sebagai penyebab gigi berlubang.
Saat kita masih terjaga, produksi air ludah cukup berlimpah. Saraf parasimpatis dan simpatis di tubuh kita selalu mengontrol produksi air ludah yang keluar dari bawah lidah dan dinding-dinding di samping mulut agar terus berjalan lancar. Alhasil, proses pembersihan gigi secara alami (dengan menggunakan air ludah) pun bisa berlangsung lancar.

Di malam hari, saat kita tidur, secara otomatis produksi air ludah akan menurun drastis. Akibatnya, mulut menjadi kering dan proses penetralan plak tidak dapat berlangsung secara optimal.

Jika kita hanya menyikat gigi di sore hari ketika mandi, maka plak yang muncul akibat sisa makanan di mulut saat makan malam, akan kita bawa hingga tidur. Pada saat itulah bakteri ganas dalam gigi akan ‘berpesta pora’ karena bisa melakukan ‘tugasnya’ merusak gigi dengan leluasa tanpa diganggu saliva.

Sebaliknya, jika Anda menyempatkan diri menggosok gigi sebelum tidur, itu artinya Anda memutus proses perkembangbiakan bakteri tersebut. Karena itu, setelah menyikat gigi (di sore atau malam hari), cobalah tahan keinginan Anda untuk makan atau ngemil lagi. Kalaupun minum segelas susu sebelum tidur, boleh saja, tapi jangan lupa berkumur sesudahnya sampai bersih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s